Tips Mudah dan Menguntungkan Berjualan di Shopee

Di masa sekarang memiliki suatu bisnis online menjadi suatu hal yang tidak baru lagi. Dengan berkembangnya teknologi dan juga internet, banyak penjual yang mencoba memasarkan produk-produknya via online, salah satunya adalah melalui aplikasi Shopee. Shopee sendiri adalah sebuah aplikasi mobile marketplace yang cukup booming beberapa tahun terakhir ini yang memiliki layanan untuk mempermudah kegiatan jual beli online.

Lewat aplikasi yang satu ini Anda bisa menjual maupun membeli berbagai macam produk via smartphone. Melalui Shopee Anda juga akan memiliki pangsa pasar yang luas yang tidak hanya terbatas di Indonesia saja melainkan bisa sampai ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Brunei, Malaysia dan Vietnam. Dibandingkan dengan e-commerce lainnya, Shopee lebih simple dan mudah dioperasikan kapanpun dan dimanapun via smartphone.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online melalui aplikasi yang satu ini, ada beberapa tips mudah yang bisa diperhatikan seperti berikut ini:

  • Jangan meremehkan peraturan dari Shopee.

Seperti yang kita tahu Shopee akan memberikan subsidi free ongkir jika berbelanja dengan kisaran nominal tertentu (misalnya 90 ribu rupiah). Namun adakalanya ada produk yang dijual dengan harga yang tidak mencapai harga 90 ribu rupiah. Terkadang ada sebagian dari pembeli yang karena menginginkan subsidi free ongkir ini, tetap membeli produk dengan permintaan kembalian uang disertakan pada barang yang dikirim. Hal ini tentu saja menyalahi peraturan dari Shopee. Jadi apabila Anda seorang penjual di Shopee jangan mau jika mendapati transaksi yang satu ini.

  • Update stok barang setiap hari.

Pastikan selalu melakukan update stok aktual setiap hari. Hal ini untuk menjaga reputasi online shop Anda di Shopee. Jangan sampai membiarkan barang masih aktif namun aktualnya telah habis, sehingga harus menolak berbagai pesanan yang masuk. Menolak pesanan yang masuk akan menjadi parameter Shopee untuk menilai reputasi online shop Anda.

  • Auto reply chat dan chat template.

Dibandingkan dengan e-commerce lainnya, fitur chat di Shopee terbilang paling responsive dengan berbagai fitur yang lengkap. Salah satu fitur terbaiknya yaitu auto reply chat dan chat template. Manfaatkan fitur auto reply chat untuk menjawab setiap pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh costumer Anda, misalnya ketersediaan stok. Fitur yang satu ini sangat berguna saat Anda pada keadaan tidak bisa membalas pesan yang masuk dengan cepat.

  • Pengiriman yang cepat.

Kepuasaan customer selain dari barang yang diterima sesuai dengan pesanan, tentu pengiriman yang cepat akan menjadi nilai lebih. Jika tingkat pelayanan Anda cepat, jangan kaget jika tim developer Shopee akan melirik online shop Anda kedepannya dan menawarkan kerjasama dengan mempromosikan produk-produk yang Anda jual.

  • Manfaatkan fitur “Naikkan Produk” setiap saat.

Shopee memberikan fitur “Bump” atau “Naikkan Produk” selama 4 jam kepada setiap penjualnya untuk masing-masing 5 produk. Manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *