Tips Mengelola Keuangan untuk Bisnis Berpasangan

Apapun jenis bisnis yang ingin digeluti pada dasarnya memang membutuhkan modal, hanya saja berbeda pilihan bisnis maka akan berbeda pula jumlah modal yang harus dikeluarkan. Beberapa diantara pelaku usaha yang tidak memiliki modal cukup dalam rangka menjalankan

mengelola keuangan untuk bisnis berpartner
mengelola keuangan untuk bisnis berpartner

bisnis tersebut mengantisipasinya dengan cara mengambil pinjaman atau hutang ke bank, hanya saja karena belum tentu bisnis yang dijalankan akan langsung laris manis maka beberapa orang tidak mengambil jalan pintas tersebut, melainkan lebih senang menggandeng sahabat sebagai partner.

Dengan menjalankan bisnis bersama maka paling tidak biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih ringan, mengingat nantinya ada uang patungan, dengan jumlah yang sudah ditentukan bersama, meskipun dengan konsekuensi hasil juga akan dibagi bersama. Menjalankan bisnis secara join ini memang lebih banyak dipilih untuk beberapa jenis usaha yang membutuhkan modal besar, sehingga jika ada untung akan dibagi bersama begitu juga kerugiannya tak terasa berat. Mengingat resiko menjalankan bisnis bermodal besar juga sangat tinggi. 

Hanya saja terkadang dengan menjalankan usaha bersama sering kali menyebabkan salah satu pihak juga bermasalah, apalagi dalam hal pembagian keuntungan, untuk menghindari hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa tips bagi Anda, yaitu:

  1. Buat kesepakatan secara tertulis terlebih dahulu, alangkah baiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebelumnya Anda harus membuat kesepakatan bersama, mulai dari jumlah modal yang sama-sama dikeluarkan hingga yang tak kalah penting adalah kesepakatan mengenai pembagian keuntungan, mengingat faktanya bisnis yang dikelola bersama belum tentu keduanya ikut ambil bagian, tak jarang yang justru salah satu pihak lebih banyak bekerja, tentunya pembagian keuntungan semacam ini juga berbeda.
  2. Memiliki visi dan juga misi yang sama, memilih partner dalam menjalankan sebuah bisnis memang tak semudah yang dibayangkan, karena ada kalanya tujuan yang ingin diraih berbeda, satu hanya memikirkan masalah materi, namun satu diantaranya tidak hanya keuntungan yang dicari. Sehingga pastikan hanya berpartner dengan orang yang memang memiliki visi dan misi sama dengan Anda.
  3. Saling melengkapi, tujuan dari membangun bisnis bersama tentunya untuk saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Kurang cocok jika seandainya keduanya memiliki kelemahan dan keunggulan yang sama, maka tak akan ada yang mengatasi kelemahan tersebut.
  4. Selalu catat pendapatan yang masuk dan juga yang dipakai sebagai modal membeli kebutuhan, pastikan membuat rekening yang berbeda dengan uang pribadi untuk kebutuhan bisnis. Hal ini sangatlah penting guna menghindari hal-hal yang mungkin saja terjadi. Seperti kesalahpahaman antara dua belah pihak.

Sederhana sebenarnya untuk membangun kerjasama berpasangan secara baik, yaitu harus ada rasa saling percaya dan membangun komitmen bersama.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *