Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda

Memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Proses pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jenis bisnis apa yang akan Anda tekuni. Sebaiknya bisnis yang dijalankan adalah bisnis pada bidang yang dikuasai sehingga Anda mengerti betul seluk beluk dari bisnis tersebut untuk bisa berkembang lebih besar. Pilihan lain adalah dengan menggunakan bisnis franchise dimana Anda bisa menggunakan brand yang sudah terkenal untuk memotong waktu sehingga masyarakat langsung bisa mengenali produk yang Anda jual. Pilihan menggunakan bisnis franchise juga bisa mengurangi resiko kerugian karena sebagian sistemnya sudah disediakan oleh pemilik franchise. Namun sebagai imbal baliknya, Anda juga harus membayar royalti atau membagi keuntungan dengan si pemilik franchise tersebut.

Saat ini banyak sekali jenis franchise yang ada di Indonesia dari franchise yang dimiliki oleh perusahaan asing hingga yang hak patentnya dimiliki oleh perusahaan atau perorangan dalam negeri. Dari mulai bisnis kuliner hingga retail terdapat nama franchise yang bersaing dengan nama perorangan. Umumnya masyarakat akan lebih mengenal nama franchise karena banyaknya produk atau outlet yang tersebar di berbagai daerah. Jika Anda menginginkan usaha atau bisnis yang lebih cepat dikenal masyarakat maka Anda bisa memilih jenis bisnis franchise ini untuk dilakukan.

Karena banyak sekali bisnis franchise di masyarakat, berikut ini adalah cara memilih bisnis yang tepat dan memiliki peluang keuntungan lebih tinggi dibandingkan lainnya.

  • Sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Beragam jenis bisnis franchise yang ada di Indonesia memberikan kelebihan yaitu Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan modal. Misalnya yang paling murah adalah membeli franchise kuliner dengan menggunakan gerobak hingga yang paling mahal membuka bisnis retail tempat perkulakan.

  • Sesuaikan dengan keahlian atau pendidikan dan minat.

Sesuaikan pemilihan bisnis Anda baik franchise maupun bisnis sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki atau minat Anda. Dengan memiliki basic tersebut setidaknya Anda sudah memiliki modal yang bisa membuat Anda lebih unggul dibandingkan mereka yang melakukan bisnis tanpa pengetahuan atau minat.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Untuk menambah peluang keuntungan, sesuaikan pemilihan bisnis franchise dengan kebutuhan pasar di lokasi dimana Anda akan membukanya. Jika di sana sudah banyak yang menjual makanan, Anda sebaiknya tak menambah jenis makanan lain. Sebaliknya cari mana yang lebih dibutuhkan di lokasi tersebut sebagai peluang usaha Anda nantinya.

Dengan menggunakan cara-cara di atas Anda akan bisa memilah jenis bisnis yang sebaiknya dilakukan. Selain memilih jenisnya, Anda juga harus jeli dalam memilih nama franchise yang akan dibeli atau dikembangkan. Satu buah nama bisa berarti banyak orang yang melakukan bisnis tersebut sehingga lebih terkenal dan lebih luas. Namun karena hal itu pula, jika seorang pelaku bisnis franchise melakukan kekurangan maka bisa mempengaruhi yang lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *