Menilik Beberapa Kesalahan Pebisnis Baru yang Sering Tidak Disadari Namun Berakhir Fatal

Memulai suatu bisnis menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang terutama bagi kawula muda yang sudah mulai mengenal bisnis dan ingin mendapatkan uang dari bisnis yang dijalani tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa masalah yang bisa saja timbul yang bisa menyebabkan bisnis berjalan dengan baik atau justru menemui hambatan yang bisa menyebabkan kerugian. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh pebisnis baru yang bisa berakibat fatal.

Pertama adalah tidak memiliki rancangan bisnis atau business plan. Blueprint atau rancangan kerap dilewatkan oleh pebisnis baru terutama anak muda sebab masih menjalankan bisnis atau usahanya dengan konsep ‘going the flow’ atau ikut keadaan (situasi dan kondisi). Akan tetapi, rancangan bisnis tersebut bisa berguna tidak hanya membantu agar pebisnis bisa lebih fokus pada tujuannya, namun juga membantu mengatasi masalah pengaturan keuangan dan juga penentuan strategi misalnya lewat analisa SWOT. Rancangan bisnis juga bisa digunakan untuk mencari tambahan dana atau investasi. Sehingga tanpa rancangan bisnis, akan bisa menghambat Anda menentukan dan mencapai tujuan jangka pendek dan panjang, strategi yang tepat. 

Kedua adalah mencampurkan antara keuangan untuk bisnis dan pribadi. Seringkali di awal membangun suatu usaha, uang yang merupakan hasil dari penjualan produk atau jasa tercampur dengan uang pribadi. Akibatnya, Anda tidak hanya susah untuk menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran bisnis sehingga susah untuk menghitung laba dan rugi yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut dan bisa menyebabkan uang bisnis, Anda gunakan untuk keperluan pribadi sehingga Anda tidak memiliki modal yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan bisnis. Jika hal tersebut terus dilakukan, bisa menyebabkan usaha yang Anda bangun menjadi bangkrut.

Ketiga adalah tidak menggaji diri sendiri. Walaupun Anda bekerja untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda sendiri namun, tidak memberikan penghargaan untuk diri Anda sendiri adalah langkah yang salah. Biasanya, tidak menggaji diri sendiri karena uang tersebut dipergunakan untuk menambah modal agar bisnis bisa berkembang. Sayangnya, tidak sedikit yang melakukan hal tersebut justru mengambil uang dari keuntungan bisnis tanpa perencanaan dan hal tersebut bisa menyebabkan uang untuk membangun usaha menjadi tercampur dan tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Kesalahan lainnya yang kerap dilakukan pebisnis baru tanpa disadari yang justru bisa menyebabkan masalah yang fatal yaitu:

  • Tidak menyesuaikan penawaran dengan permintaan. Misalnya permintaan yang diterima lebih banyak tanpa dipertimbangkan, misalnya mempertimbangkan waktu atau pekerja untuk menyelesaikan pesanan yang bisa mengakibatkan permintaan tidak terpenuhi dan hal tersebut bisa mempengaruhi ketidakpuasan konsumen.
  • Tidak menjaga kualitas layanan terutama jika bisnis sudah mulai berkembang dan memberikan keuntungan yang besar.
  • Berpikiran sempit dan tidak kreatif.
  • Malas untuk mengatur dan mengecek sosial media.
  • Asal menetapkan harga untuk barang yang dijual.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *