Mengulas Seputar Apa Itu Bootstrap dalam Bisnis

Bootstrap memiliki arti yang sama dengan pendanaan sendiri. Saat Anda ingin menyelenggarakan sebuah kegiatan atau acara, tidak harus menggunakan pendanaan dari pihak luar karena Anda dapat mencari pendanaan tersebut sendiri. Jika Anda ingin memulai bisnis, Anda dapat menggunakan strategi Bootstrap. Anda bisa memperoleh tambahan modal untuk membuka sebuah usaha. Namun, proses meminta dana dari luar ini akan cukup merepotkan dan bisa dikatakan lebih ribet. Ada beberapa kelebihan jika Anda memilih Bootstrap untuk mendanai bisnis.

Pertama, memiliki kontrol sendiri. Manfaat pertama yang diperoleh dari Bootstrap ialah mempunyai kuasa yang mutlak untuk dipenuhi pada bisnis yang sekarang Anda jalankan. Seluruh kebutuhan serta strategi bisnis berdasarkan pada keputusan serta pertimbangan Anda. ringkasnya, Anda yang bertindak sebagai bos, ini berbeda jika modal dari pihak luar, Anda harus secara terus menerus melaporkan hasil bisnis dengan rutin, selain itu ada pula sistem bagi hasil yang telah disepakati dari awal.

Kedua, bebas dari tekanan bisnis. Memperoleh dana dari investor memang begitu menguntungkan, namun Anda harus ingat bila konsekuensinya Anda akan terikat kontrak atau hubungan dengan investor. Apalagi jika dana yang diberi oleh investor memiliki jumlah yang cukup besar. Setiap pergerakan yang nantinya Anda lakukan untuk pengembangan bisnis akan dilihat oleh investor, bila Anda melakukan langkah yang kurang tepat, mereka akan menegur Anda tanpa sungkan. Mengapa demikian? Karena mereka menanamkan modal pada Anda. Jika bisnis tidak dilakukan dengan baik dan perputaran bisnis lambat, investor sudah pasti akan merugi.

Ketiga, keuntungan yang diperoleh akan jauh lebih besar. Seperti yang telah dijelaskan, jika Anda tidak menggunakan sistem Bootstrap ini, sistem keuntungan akan dibagi menjadi dua, yakni dengan Anda dan dengan investor. Hal ini memang sedikit merugikan, lebih-lebih jika keuntungan bisnis yang diperoleh begitu kecil, akan semakin sedikit juga keuntungan yang akan Anda dapatkan. Meskipun jumlah modal yang diperoleh dari Bootstrap ini terbatas, tetapi jangan lupa, Anda memiliki hak mutlak keuntungan yang di dapatkan, dengan kata lain, Anda akan menikmati jerih payah sendiri tanpa perlu membagikannya ke orang lain.

Terakhir, fokus untuk mengembangkan bisnis. Semakin besar keuntungan yang diperoleh akan menjadi semakin besar juga peluang pengembangan bisnis. Keuntungan yang diperoleh dapat dijadikan sebagai modal menambah aset dalam menjalankan bisnis. Anda juga akan lebih fokus untuk menjangkau bisnis dengan hasil keuntungan yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, bisnis bisa menjadi semakin besar dari masa ke masa. Awalnya, Bootstrap ini memang terlihat kurang menguntungkan karena terbatasnya modal, namun cara ini bisa membuat Anda berpikir dengan kuat dan luas bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *