Mau Sukses Bisnis Jual Perlengkapan Kantor? Ini Strateginya!

Kalau Anda ingin membuka bisnis yang memiliki potensi besar dan selalu diperlukan orang, maka jual perlengkapan kantor adalah pilihan yang tepat. Bisnis ini sampai sekarang tak pernah surut, bahkan bisa dibilang terus berkembang. Karena meskipun teknologi semakin berkembang sekalipun, orang-orang tetap membutuhkan perlengkapan kantor seperti alat tulis, kertas, penghapus, lem, dan sebagainya. Bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang tak sedikit dengan modal yang relatif rendah.

Barangkali potensi paling besar yang dimiliki oleh bisnis ini adalah kenyataan bahwa meskipun disebut dengan peralatan kantor, pada kenyataannya yang memakainya adalah hampir semua kalangan. Siapa saja? Ini dia:

alat tulis kantor

– Tentu saja, perusahaan-perusahaan yang selalu membutuhkan peralatan seperti alat tulis, mesin fotokopi, scanner, dan lain sebagainya untuk produktivitas pekerjaannya.
– Pelajar dan mahasiswa, yang selalu membutuhkan alat tulis untuk mengerjakan tugas, menulis catatan, ujian, pekerjaan rumah, tugas akhir, dan lain sebagainya.
– Masyarakat umum, sebab rumah tangga pun selalu membutuhkan peralatan seperti lem, staples, gunting, dan peralatan lain untuk di rumah.

Jadi, ketika Anda jual perlengkapan kantor, Anda otomatis mentarget semua demografik yang ada. Inilah keuntungan utama dari membuka bisnis ini. Tak hanya itu saja, bisnis ini juga memiliki keuntungan seperti:

– Selalu diperlukan orang dan masih belum sepenuhnya bisa digantikan oleh teknologi sekarang ini. Bahkan kalau pun peralatan terus berkembang, Anda bisa selalu memperbaharuinya.
– Operasionalnya tak terlalu menyulitkan. Selama Anda siap untuk selalu menyetok barang, maka Anda bisa terus menjalankan bisnis ini.
– Modal awal yang relatif rendah dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lainnya. Anda bisa menutup modal hanya dalam waktu singkat.

Kekurangan dari bisnis ini sendiri adalah karena persaingannya yang cukup ketat. Anda pasti tahu sendiri bahwa bisnis perlengkapan kantor ini bisa ditemui di banyak tempat. Jadi Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki keunggulan sendiri di dalam bisnis. Entah itu dengan harga, kualitas, maupun layanan. Kenyataan bahwa Anda juga bisa kehabisan stok dengan mudah juga harus dipertimbangkan.

Jadi, meskipun terlihat mudah, namun bisnis ini juga perlu strategi sendiri. Perhatikan tips berikut:

1. Lokasi ideal

Lokasi ideal untuk bisnis ini adalah di dekat perkantoran, sekolah, maupun universitas. Dijamin, Anda tak akan kekurangan pembeli di kawasan ini.

2. Penyusunan barang yang menarik

Dengan memperlihatkan barang dagangan Anda secara menarik, Anda juga memperlihatkan bahwa Anda menjual peralatan yang lengkap. Kesan one-stop shopping adalah ideal.

3. Stok dan jenis lengkap

Jangan hanya berfokus pada satu jenis barang saja, tapi lengkapi barang dagangan Anda. Jadi sediakan lah kertas, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, spidol, gunting, kertas, amplop, dan sebangsanya.

4. Belanja dari distributor

Dapatkan barang Anda langsung dari distributor atau di tempat kulakan sehingga Anda mendapatkan diskon yang besar.

5. Deal dengan perusahaan/sekolah/universitas

Anda bisa melakukan kerjasama dengan institusi di atas sehingga Anda menjadi penyuplai mereka. Ini memastikan Anda selalu mendapatkan pembelian yang besar.

6. Pandai membaca situasi

Pandai-pandailah membaca situasi kapan saat Anda harus menyetok lebih. Seperti saat mulai tahun ajaran baru, saat penerimaan mahasiswa baru, dan sebagainya.

Hal yang jelas adalah, bisnis jual perlengkapan kantor tetap memerlukan keuletan dan kesabaran. Anda akan mengalami jatuh bangun dalam bisnis ini. Tapi itu adalah hal yang wajar. Selama Anda berinovasi terus, seperti memberikan layanan tambahan (fotokopi, pengetikan, pencetakan, dll.), tambahan fasilitas (minum, snack), dan juga pelayanan yang ramah dan cepat, Anda akan bisa sukses.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *