Langkah-langkah Awal untuk Memulai Bisnis Online yang Diperlukan

Berbicara mengenai bisnis online memang seolah tak ada matinya. Hal ini dikarenakan luasnya jangkauan dunia internet dan bahkan nyaris tidak terbatas. Tak hanya soal membuka toko online saja, masih ada lagi bisnis lain yang bisa Anda coba melalui dunia online. Mulai dari google ads, list building, affiliate marketing, menjadi blogger, menjadi Youtuber atau vlogger, penulis artikel (content writer) hingga trading dan masih banyak lagi. Meski hasil yang didapat tidak menentu, namun berbisnis online prospeknya cukup bagus untuk ke depannya. Terlepas dari apa bisnis via online yang akan Anda jalani, berikut ini langkah-langkah awalnya:

  1. bisnis onlineKuatkan motivasi Anda

    Apapun bisnis Anda, baik online maupun offline, motivasi itu perlu karena berkaitan langsung dengan kemauan dan ketekunan kita dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, langkah awal berbisnis online adalah dengan mencari jawaban mengenai pertanyaan mengapa atau apa yang membuat kita tertarik menjalani bisnis ini. Anda pun bisa juga mempelajari dan mengambil hikmah dari cerita pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu terjun dalam bisnis ini.

  2. Tentukan apa yang akan Anda lakukan

    Dunia cyber punya banyak sekali peluang yang menguntungkan. Misalkan dengan menjadi vlogger atau Youtuber dengan membuat konten video kreatif, unik dan tidak biasa yang mana Anda akan dibayar dari jumlah banyaknya pemirsa video Anda. Bagi Anda yang senang menulis, menjadi blogger atau content writer juga bisa jadi pilihan. Atau Anda tertarik untuk mendalami seluk beluk internet marketing dan sejenisnya? Atau Anda berniat untuk membuka olshop sendiri atau menjadi reseller/dropshipper dari toko online lain? Tentukan pilihan Anda.

  3. Buatlah blog, web atau video mengenai produk yang Anda jual

    Untuk yang berniat untuk membuka lapak online, jangan hanya mencoba 1-2 situs marketplace atau jual beli online saja. Cobalah untuk membangun kreativitas Anda untuk membuat blog atau web yang berisi artikel menarik, atau bahkan video kreatif untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah sebuah blog atau situs web yang bisa Anda jadikan media promosi berbagai macam produk yang Anda jual dan yang SEO dan mobile-friendly sehingga dapat diakses dimana saja, tak terbatas hanya pada PC desktop saja. Maksimalkan blog Anda dengan Google Adsense atau layanan PPC (pay per-click) untuk menambah keuntungan.

  4. Tetap fokus serta konsisten

    Fokus dan konsisten juga sangat diperlukan dalam bisnis online. Seringkali saat sudah mulai menjalani satu jenis bisnis, bisnis yang lainnya nampak menggiurkan dan membuat kita tergoda untuk menjalaninya juga. Padahal belum tentu nanti hasilnya akan memuaskan, padahal kita sudah terlanjur meninggalkan bisnis lama. Mau tak mau kadang harus memulai kembali. Oleh karena itu, selalu fokus, konsisten dan jangan mudah menyerah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *