Kiat Sukses Menjalankan dan Meneruskan Bisnis Generasi Keluarga

Membangun sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi memang lebih susah lagi untuk mempertahankan bisnis tersebut. Seperti halnya meneruskan sebuah bisnis yang telah dirintis oleh beberapa generasi dari keluarga bukalah sesuatu yang mudah. Setiap tantangan yang akan dihadapi semakin lebih kompleks, apalagi saat dihadapkan dengan perbandingan manajemen perusahaan dari setiap generasi yang memegang peranan. Maka dari itu ilmu manajemen tetap harus diperlukan sekalipun itu sudah berkembang, kalau tidak tentu saja bisnis tersebut akan hancur dalam waktu yang sangat singkat.

Sukses meneruskan usaha dari keluarga bukan hanya dari segi manajemen ataupun ilmu yang memadai dalam memimpin perusahaan tersebut. Tetapi juga memerlukan beberapa strategi baru yang dapat membuat bisnis semakin sukses dan tetap bertahan. Nah, berikut ini beberapa kiat sukses yang bisa Anda lakukan untuk meneruskan bisnis dari keluarga yaitu:

  • Tetap berinovasi.

Kunci sukses seseorang yang melakukan sebuah bisnis adalah terus adanya inovasi yang dilakukan, karena tanpa hal yang baru bisnis tersebut akan jalan ditempat dan lama-lama kalah sama pesaing dan bangkrut. Bisnis turunan bukanlah jaminan sebuah kesuksesan tanpa adanya inovasi yang dilakukan oleh setiap generasinya. Misalnya ada salah sat pengusaha batik yang khusus membuat satu jenis batik, tetapi setelah generasi ketiga berkembang untuk menciptakan beragam jenis batik lainnya.

  • Menjaga kualitas setiap produk.

Melakukan beragam jenis inovasi baru bukan berarti Anda terus menyampingkan kualitas dari produk dari pertama kali dirintis. Untuk hal itu seharusnya dari generasi satu ke generasi selanjutnya harus semakin lebih baik. Dengan begitu bisnis tetap akan terus berjalan dan menjadi andalan masyarakat.

  • Transparansi dan komunikasi antara generasi.

Adanya keterbukaan dan terus melakukan komunikasi antara generasi pertama sampai dengan generasi selanjutnya. Sebagai generasi penerus juga tidak boleh menjalankan seenaknya tanpa mau mendengarkan petuah dari generasi sebelumnya. Selain itu dari yang lebih tua juga perlu memahami bagaimana cara menyampaikan atau berkomunikasi dengan baik. Dalam berbisnis komunikasi merupakan salah satu modal yang harus terus dipelihara supaya mendukung kelangsungan bisnis kedepannya.

  • Cerdik melihat peluang.

Seperti yang telah dikatakan diawal bahwa mempertahankan sebuah bisnis itu akan lebih sulit dari pada merintisnya. Bertahan itu sama artinya dengan kemunduran atau resiko yang tidak bisa dikalahkan dari ketatnya persaingan.

Melakukan perluasan ke banyak jaringan itu merupakan salah satu kunci sukses yang harus dilakukan juga. Untuk mengandalkan bisnis turunan tanpa meningkatkan jaringan tentunya akan stage pada tempat saja sebuah bisnis tersebut. Beda lagi jika Anda terus melakukan perluasan, sampai dengan mengembangkan bisnis dan semakin sukses. Itulah gambaran dari kesuksesan sebuah bisnis keluarga yang sukses setelah Anda pegang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *