Jangan Ragu Memulai Berbagai Bisnis di Usia Muda, Gunakan Tips Ini!

Lapangan kerja di Indonesia tidak mengalami perkembangan sesuai dengan jumlah pencari kerja yang semakin hari semakin bertambah. Jika hanya mengandalkan lapangan kerja dari perusahaan yang ada saja, maka tentu saja banyak orang akan berakhir sebagai pengangguran. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sendiri sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Tak perlu menunggu di setelah bekerja sebagai karyawan atau berakhir masa kontraknya untuk memulai usaha karena kini semua orang justru ingin memiliki bisnis sendiri sejak usia muda.

Jika Anda lihat di berbagai keramaian, banyak sekali para remaja dan dewasa yang menjajakan barang dagangannya dengan mengusung nama dagang atau nama usaha sendiri. Selain berjualan barang hasil produksi orang lain, usaha baru juga bisa dilakukan dengan cara menjual hasil ide atau kreasi sendiri. Salah satu contohnya adalah dengan membuka usaha kuliner yang merupakan hasil modifikasi dari menu makanan yang sudah ada. Modifikasi rasa, bahan, bentuk hingga cara pembuatan bisa menjadikan sebuah makanan baru yang unik dan lebih disukai dari masakan lama. Cara kreatif inilah yang kini banyak dilakukan oleh para remaja untuk membuka usaha kuliner. Meski kecil-kecilan yang dimulai dari stand kecil di berbagai event, remaja belajar membuka usaha sendiri sehingga nantinya bisa dijadikan sumber penghasilan jika tidak ingin bekerja menjadi seorang karyawan.

Selain bisnis kuliner, masih banyak jenis bisnis lain yang bisa dilakukan oleh remaja. Namun saran yang selalu baik untuk didengarkan adalah membuka usaha sesuai dengan passion atau minat dan bakat masing-masing. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan design-design unik dalam aplikasi komputer, maka Anda bisa membuka usaha design grafis atau design logo dan lainnya. Tak perlu malu untuk mencobanya dari bawah tanpa ada kantor atau perangkat lengkap. Anda bisa memulai dari sebuah iklan online kecil dengan pertemuan di dunia maya.

Jika keinginan untuk membuka usaha sendiri sudah ada dalam diri Anda, berapapun usia saat ini tidak menjadi masalah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai sebuah bisnis di usia muda:

  • Sesuaikan dengan minat dan keahlian.
  • Perbanyak relasi termasuk customer.
  • Belajar dari pengalaman.
  • Pantang menyerah.
  • Selalu mau belajar untuk menjadi lebih baik.

Usia muda justru merupakan saat yang tepat untuk memulai sesuatu apalagi jika hal tersebut bisa menjadi sumber penghasilan di kemudian hari. Sudah saatnya masyarakat Indonesia mengubah pola pikir dimana setelah sekolah atau kuliah selesai, definisi bekerja adalah menjadi karyawan di perusahaan besar, anggapan tersebut justru akan merugikan karena mematikan ide dan kreatifitas. Mulai peluang Anda dengan membuka usaha sedari dini untuk membentuk karakter pantang menyerah dan sebagai peluang sumber penghasilan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *