Inilah Strategi untuk Mempertahankan Bisnis di Tengah Perkembangan Jaman

Banyak orang yang enggan memulai sebuah bisnis karena berbagai alasan yang digunakan, dari mulai kurangnya modal yang dibutuhkan, kurangnya ide atau konsep bisnis apa yang akan dilakukan sampai dengan kesibukan kerjaan yang mengakibatkan tidak tertarik dengan usaha. Pada dasarnya semua alasan itu kembali lagi kepada niat Anda sebagai pebisnis pemula. Tekad dan usaha yang kuat memang salah satu modal utama dalam membangun bisnis awal. Memang tidak semudah seperti apa yang direncanakan tetapi jika tekad dan ketekunan Anda kuat pasti semuanya bisa didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

 Jika dipikir kembali untuk memulai sebuah usaha sebenarnya tidakkah sulit, karena yang lebih menyulitkan lagi adalah mempertahankan bisnis yang telah dimulainya. Perkembangan jaman dan banyaknya pesaing yang bermunculan merupakan faktor utama yang harus Anda siapkan untuk melawan. Anda harus punyai strategi yang kuat supaya segala hal yang menghadang itu bisa diselesaikan secara tepat dan baik. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya bisnis tetap berjalan yaitu:

  • Jadikan pesaing sebagai pendorong.

Jangan pernah tanamkan pada mindset Anda bahwa pesaing yang bermunculan itu akan mengalahkan bisnis Anda. Tetapi lihat dari sisi sebagai partner yang bisa memberikan inspirasi untuk keberlangsungan bisnis Anda. Hal ini bukan berarti Anda mencontoh bisnis tersebut ataupun melakukan kerjasama tetapi lebih kepada analisa untuk menciptakan yang lebih baik.

  • Terus berinovasi.

Setelah melihat bisnis berjalan sesuai dengan rencana awal, jangan langsung berhenti pada tempat tersebut. Tetap lakukan berbagai inovasi yang bisa menjadikan bisnis Anda lebih berkembang lagi. Susun strategi baru supaya bisa tetap menjadi solusi kebutuhan masyarakat ditengah perkembangan jaman.

  • Perluas ilmu dan jaringan.

Walaupun secara praktik memang akan memberikan Anda banyak ilmu dan pengalaman yang berharga tetapi tidak dipungkiri bahwa ilmu secara teori itu juga penting. Tetap perluas pengetahuan dan jaringan Anda dalam dunia bisnis. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak stage pada usaha itu saja tetapi juga jenis lainnya.

  • Gunakan perkembangan teknologi.

Perkembangan jaman tidak luput dari semakin majunya teknologi yang digunakan oleh masyarakat luas. Hal itu pasti akan berdampak juga pada kebiasaan masyarakat, untuk tetap eksis Anda juga harus mampu masuk menggunakan teknologi tersebut kedalam bisnis yang Anda jalani.

Inti dari semua penjelasan diatas sebenarnya sangat sederhana yaitu bahwa pebisnis itu tidak boleh mempunyai keterbatasan dalam segala hal. Semakin Anda mampu berinovasi, kreatif, menangkap berbagai jaringan dengan tekad yang kuat pasti akan semakin pandai dalam segala macam ancaman bisnis. Memiliki bisnis yang sukses memerlukan trategi bisnis yang kuat, bukan saja matang dalam perencanaan tetapi lebih kepada action yang dilakukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *