Ini Dia Cara Cerdas untuk Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

Tidak semua orang lahir untuk menjadi seorang pekerja kantoran, seorang dokter, seorang abdi negara dan lainnya saat mereka dewasa dan menemukan kesuksesan. Apalagi zaman sekarang ini, pengusaha bukan hanya bagi orang yang sudah sukses dan memiliki umur dewasa ataupun umur yang sudah lansia. Namun, mahasiswa sudah mengenal istilah pengusaha dan menjadi pengusaha muda. Walaupun masih dalam skala kecil, beberapa juga ada yang menjadi pengusaha besar di umur muda.

Di perguruan tinggi negeri maupun swasta pada tahun terakhir ini sering mengadakan seminar atau ajang perlombaan kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang dapat menghasilkan dan bernilai jual. Hal ini tidak hanya bagi mahasiswa ekonomi, melainkan bagi semua mahasiswa yang tertarik dan memiliki usaha yang nantinya dapat dikembangkan. Mahasiswa yang memiliki usaha yang kreatif dan memiliki daya tarik konsumen, biasanya mendapat uang pembinaan untuk mengembangkannya.

Sekarang ini, para pengusaha muda tersebut menjadi pembicara-pembicara di fakultas maupun kampus untuk membagikan pengalaman menjadi pengusaha. Bukan hal yang muda untuk menjadi pengusaha, banyak hal yang harus siap dilalui. Mengalami kerugian dan kegagalan adalah hal yang sering ditemui namun apabila giat dan terus mencoba maka seseorang lebih mudah untuk menjadi seorang pengusaha.

Menjadi seorang pengusaha tentunya merupakan impian para kawula muda saat ini. Untuk menjadi seorang pengusaha muda terdapat beberapa hal yang harus dicapai, diantaranya adalah:

  • Memiliki tujuan, seorang pengusaha haruslah memiliki tujuan atau goal yang harus dicapai dan menghindari hal-hal yang dapat membelokkan seseorang dari tujuan awalnya.
  • Proaktif, seorang pengusaha harus memiliki tingkat inisiatif yang tinggi. Apabila usaha gagal bukan berarti menyerah melainkan mencari peluang lainnya.
  • Belajar dari pengusaha muda terdahulu, mengenali pengusaha-pengusaha sukses, membaca pengalaman atau trik-trik usaha dari pengusaha sukses dapat membantu membuka mindset pengusaha baru.
  • Mencintai apa yang akan dikerjakan, dengan hal ini seorang pengusaha melakukan sesuatu dengan niat yang tinggi.
  • Siap gagal dan memiliki mental yang kuat untuk menerima setiap resiko dan kemungkinan yang akan terjadi ke depan.
  • Membuat konsep dan memperhatikan sumber daya, hal ini sangat diperlukan untuk strategi pemasaran dan dukungan sumber daya manusia dan materi menentukan arah perjalanan usaha.
  • Bersyukur, selalu apresiasi terhadap hasil yang diperoleh dari setiap usaha yang dikerjakan. Bersyukur adalah tanda seseorang menikmati segala proses yang ada.
  • Relasi, memperbanyak teman akan memperbanyak jaringan untuk membuka jaringan usaha terhadap orang terdekat dan terjauh sekalipun.
  • Peluang, memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Kiat-kiat ini dapat dipelajari perlahan apabila ingin menjadi seorang pengusaha muda. Menjadi pengusaha kecil bukanlah hal yang memalukan, melainkan langkah awal menjadi pengusaha besar. Belajar sabar dan menikmati proses merupakan langkah awal untuk sampai kepada tujuan. Pengusaha muda adalah seseorang yang siap dengan proses dan hasil apapun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *