Ini Dia Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan dalam Berwirausaha

Dalam berwirausaha, terdapat beragam jenis masalah yang harus diperhatikan sehingga tidak menyebabkan kegagalan yang dapat berdampak buruk bagi usaha yang Anda bangun tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kegagalan dalam berbisnis tersebut.

Pertama adalah kekurangan SDM serta memiliki SDM yang kurang kompeten. Karena hal tersebut, pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan tepat waktu dan secara maksimal tidak dapat dilakukan dan tidak jarang butuh waktu pengerjaan yang lebih lama sehingga menyebabkan konsumen atau klien enggan untuk menggunakan jasa di tempat tersebut ataupun bisa kalah dengan saingannya karena lambat melakukan pergerakan.

Kedua adalah kurangnya pemahaman mengenai usaha yang dibangun. Masalah ini kerap dialami oleh pengusaha yang baru saja memulai suatu usaha sehingga belum terlalu mengerti mengenai jalan bisnis yang akan diambil. Ketidakmengertian mengenai bisnis yang dibangun tersebut menyebabkan pengusaha salah mengambil strategi yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi bahkan bisa menyebabkan kesalahan menentukan sasaran pasar.

Ketiga adalah pengelolaan keuangan dan administrasi tidak maksimal. Butuh ketelitian serta pengelolaan yang tepat untuk bisa membuat agar bisnis maju. Salah dalam penempatan keuangan ataupun pencatatan bisa menyebabkan masalah yang kerap kali berakibat fatal. Pencatatan administrasi ataupun keuangan harus disimpan di buku khusus atau folder khusus sehingga terhindari dari pencampuran dengan catatan yang lainnya. catatan administrasi dan keuangan tersebut termasuk pencatatan pemesanan, pembayaran utang piutang, jadwal dan proses produksi, jadwal kirim, pemasukan dan pengeluaran dan yang lainnya.

Keempat adalah salah dalam perencanaan. Banyak yang mengatakan jika bisnis bisa dijalankan seiring berjalannya waktu namun tetap butuh perencanaan tidak hanya untuk jangka panjang namun juga untuk jangka pendek. Kegagalan dalam perencanaan bisa saja terjadi karena kesalahan dalam menganalisa kondisi dan situasi yang terjadi. Kelima adalah usaha dan lokasi atau tempat yang kurang memadahi sehingga membuat proses jual beli susah untuk terjadi. Misalnya konsumen yang kesulitan mencari tempat Anda atau mobil yang akan dipergunakan mengangkut barang yang akan didistribusikan kesulitan untuk melewati akses tersebut.

Faktor yang bisa menyebabkan kegagalan wirausaha lainnya yaitu:

  • Tidak mampu dalam mengatasi transisi perubahan teknologi dan perkembangan jaman. Misalnya yang dahulunya bisa berjualan secara offline dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar, saat ini bisa kalah dari wirausaha yang mengandalkan cara online. Jika tidak bisa menyeimbangkan keduanya, baik offline atau online, usaha yang anda bangun tersebut bisa kalah dari saingan Anda yang mampu bertahan dari transisi tersebut.
  • Hambatan birokrasi misalnya terjadi masalah internal antar petinggi perusahaan.
  • Tidak kreatif sehingga tidak ada produk baru yang bisa diincar atau menjadi pilihan bagi konsumen. Permintaan pasar yang tinggi menyebabkan Anda mau tidak mau harus tetap berkreasi dan berinovasi agar selera pasar bisa terpenuhi namun Anda tetap harus menyelipkan ciri dari produk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *