Ingin Mencoba Food Truck? Pertimbangkan Dahulu Keunggulan dan Kelemahannya Berikut!

Salah satu hal yang kerap dipertimbangkan sebelum memulai berbisnis adalah tempat untuk berbisnis. Saat ini jika hanya mengandalkan even tertentu misalnya saat car free day, tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, sedangkan jika harus menyewa tempat, butuh modal yang cukup besar untuk menyewanya, ataupun bisa menggunakan cara online. Akan tetapi, jika yang dijual adalah produk yang tidak bisa tahan lama seperti makanan cepat saji, menjual dengan cara online tidak efektif, karena hal tersebut banyak yang kemudian beralih ke model food truck.

Sistem food truck adalah sistem menjemput bola atau menghampiri konsumen sehingga konsumen akan lebih mudah mendapatkan makanan yang diinginkan. Di Amerika sudah banyak penjual yang menggunakan konsel dan di Indonesia sendiri lambat laun cara penjualan makanan ini banyak dipilih dan diminati sehingga pelaku bisnisnya pun juga bertambah. Akan tetapi, sebelum Anda mencoba food truck, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu keunggulan dan kelemahan bisnis food truck.

Keunggulan yang pertama adalah fasilitas listrik yang gratis. Selain Anda tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan, Anda dapat mengandalkan listrik dari aki mobil Anda dengan menggunakan konverter listrik DC ke AC. Dengan cara tersebut, Anda bisa menggunakan lampu tambahan ataupun menggelar layar tancap untuk menarik perhatian dari pembeli Anda. Kedua adalah tidak butuh ruang yang luas. Biasanya, Anda hanya perlu menyediakan beberapa kursi yang bisa dipergunakan pengunjung untuk duduk saat menunggu antrian namun untuk tempat makan, konsumen umumnya lebih memilih untuk take away makanan yang dibeli tersebut. Sehingga ruangan yang Anda perlukan bisa Anda sesuaikan sendiri berdasarkan pada kebutuhan.

Keuntungan atau keunggulan lainnya dari food truck adalah:

  • Fleksibel karena dengan menggunakan kendaraan tersebut, Anda bisa berpindah kemana saja sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Hemat waktu. Selain mudah berpindah, Anda bisa menghemat waktu Anda untuk menata barang ataupun merapikannya kembali setelah selesai.
  • Menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
  • Anda tidak perlu banyak karyawan. Anda bisa berjualan hanya dengan 2-3 pekerja saja karena keterbatasan ruang dan tidak perlu mengantarkan makanan atau minuman yang dipesan ke pembeli sebab akan diambil sendiri. Dengan cara tersebut, keuntungan yang diperoleh juga bisa lebih besar.

Akan tetapi, food truck juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

  • Butuh modal yang cukup besar untuk melakukan modifikasi kendaraan sehingga mobil bisa dipergunakan untuk berjualan.
  • Resiko keamanan, misalnya karena Anda harus memasak di kendaraan Anda. Jika salah dalam penataan dan pertimbangannya, bisa sangat membahayakan tidak hanya diri sendiri namun juga orang lain.
  • Tempat yang sempit karena luas kabin dalam kendaraan yang terbatas sehingga harus pintar-pintar menata peralatan dan perlengkapan di dalam kabin.
  • Masalah kebersihan yang jika tidak diperhatikan akan mempengaruhi komponen lain dan bau tidak sedap pada kendaraan sehingga kurang menarik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *