5 Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Salah satu kewajiban Anda sebagai mahasiswa adalah belajar. Hanya saja kebebasan waktu yang dapat Anda atur sendiri dapat membuat Anda bosan karena aktivitas yang Anda lakukan tidak produktif. Selain itu waktu yang fleksibel ini ternyata dapat Anda manfaatkan untuk membuka bisnis sehingga Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk hal yang lebih positif.

Cara menghasilkan uang bagi mahasiswa cukup beragam. Pekerjaan tersebut tidak melulu Anda hars bekerja dengan seseorang atau menjalani ikatan instansi yang dapat membuat Anda justru akan kebingungan untuk membagi waktu Anda. Penasaran usaha apa yang dapat Anda lakukan? Simak ide usaha ini:

  • Bloger

Menjadi bloger ternyata banyak sekali diminati oleh para mahasiswa. Selain popularitas yang didapat, hanya bermodal komputer, internet serta skill menulis menjadi senjata yang sangat mudah bagi mahasiswa jaman sekarang. Terlihat simple dan mudah, tetapi jika Anda tidak memiliki dalam bidang ini juga akan menjadi hal yang sulit bagi Anda. Tapi bagi Anda yang gemar dengan tantangan maka cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba usaha ini.

  • Berjualan cemilan

Ini merupakan salah satu usaha yang juga mudah bagi Anda yang gemar dalam bidang kuliner. Banyaknya acara-acara kampus membuat ini menjadi peluang bagi Anda untuk membuka stand atau mempromosikan usaha Anda. Anda juga dapat bekerja sama dengan teman-teman Anda yang akan menggalang usaha dana, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan dengan menjual cemilan Anda yang nantinya akan dijual lagi oleh teman-teman Anda.

  • Les Privat

Bagi Anda yang memiliki ketrampilan khusus maka tidak ada salahnya Anda membagikan ilmu Anda dengan membuka les-les privat. Anda dapat menyesuaikan waktu pelayanan les Anda disela-sela kesibukan Anda berkuliah. Selain mendatangkan uang, usaha ini juga tidak membutuhkan modal. Sebagai sarana promosi, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai senjata Anda.

  • Fotografi

Usaha satu ini merupakan sebuah usaha yang membutuhkan modal cukup mahal tetapi bagi Anda yang telah memiliki komputer, kamera dan kelengkapannya. Bisnis ini sangat menjanjikan terlebih bagi Anda yang mampu mengabadikan momen melalui jepretan foto yang baik maka Anda dapat bekerja sama dengan beberapa tukang rias sehingga strategi marketing Anda dapat Anda bangun bersama partner Anda.

  • Desain Grafis

Tidak jauh berbeda dengan fotografi. Usaha desain grafis ini juga diperuntukan bagi Anda yang memiliki skill yang mumpuni dalam bidang ini. thal yang membedakan usaha ini dengan fotografi yakni, usaha ini hanya membutuhkan komputer yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kemampuan desain grafis.

Itulah bisnis yang dapat Anda lakukan supaya waktu Anda dapat menjadi produktif serta menghasilkan banyak uang. Tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan kemampuan Anda untuk melakukan strategi marketing dalam mengambil hati klien Anda. Selain itu juga utamakan kualitas serta fasilitas untuk klien Anda supaya usaha Anda berjalan lancar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *