4 Tips Bijak Memilih Bisnis Baru yang Menguntungkan Jika Dijalankan

Perdagangan bebas memungkinkan siapapun bisa menjual produknya secara luas. Di era modern ini, persaingan dalam bisnis pun sangat ketat bahkan dikuasai oleh negara-negara asing. Indonesia yang menerapkan masyarakat ekonomi Asia saja misalnya, harus berjuang mati-matian merebut pangsa pasar. Produk dalam negeri kian tergilas dengan kehadiran produk-produk dari negara asing, seperti Cina, Amerika atau Jepang. Tak perlu jauh-jauh, cobalah periksa seluruh perabotan di rumah Anda, salah satunya mungkin berasal dari negara-negara tersebut. Masalah inilah yang kerap membuat keputusan berbisnis pupus di tengah jalan. 

Ketatnya persaingan bisnis yang melanda pasar Indonesia membuat Anda harus jeli dalam memilih jenis usaha. Salah-salah bukannya untung, Anda harus gulung tikar lebih awal. Agar tak terjadi kerugian yang besar, lakukan hal berikut saat memilih peluang usaha yang tepat:

  • Sesuai passion

Tak penting berapa untung yang Anda dapatkan, jika usaha tersebut sesuai dengan passion Anda tentu jauh lebih menyenangkan. Anda tak akan tertekan dengan target, walaupun tetap harus memiliki target yang jelas. Passion akan menuntun Anda menemukan ritme saat berbisnis, termasuk memilih keputusan tersulit sekalipun. Ini bisa menjadi motivasi Anda tatkala semangat menurun dengan laba yang tak begitu besar. Hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah gairahnya yang tak pernah padam. Dan itu hanya bisa kita jumpai pada bisnis yang dijalankan berdasarkan passion, seperti bisnis restoran bagi mereka yang memiliki passion di bidang kuliner.

  • Kuasai ilmunya

Tak harus sempurna, tapi Anda tetap harus mengetahui ilmu berbisnis. Jadilah pebisnis yang haus akan ilmu, sehingga membuat Anda menemukan beragam inovasi baru. Ilmu sendiri dapat Anda jumpai dalam berbagai kesempatan, entah itu seminar, perkuliahan, atau sharing dengan pebisnis lain. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menyadari betapa pentingnya ilmu dalam sebuah bisnis. Anda tentu tak pernah tahu bagaimana permintaan pasar dan pergolakan ekonomi yang akan terjadi.

  • Manfaatkan inspirasi sekitar

Sudah banyak bidang usaha yang lahir dari sebuah inspirasi sekitar. Bisnis seperti ini biasanya solusi yang coba ditawarkan oleh pebisnis untuk fenomena sosial yang terjadi. Sebagai sebuah solusi, tentu saja kita bisa menemukan beragam jawaban dari keresahan masyarakat. Acapkali usaha semacam ini dibangun di daerah-daerah dengan permasalahan tertentu. Belum tentu bidang usaha yang sama bisa diterapkan di daerah yang lain, sebab permasalahan sosialnya yang berbeda.

  • Dasari dengan kejujuran

Kejujuran menjadi modal penting dalam berbisnis dengan siapapun itu. Jangan sesekali menutupi kecacatan pada produk yang dimiliki, sebab akan menghilangkan kepercayaan konsumen. Dengan mengungkap secara jujur kelebihan serta kelemahan produk, konsumen bisa menentukan apakah harga yang Anda tawarkan layak atau tidak. Tentunya jangan terlalu berlebihan saat menjelaskan kegunaan produk Anda kepada para konsumen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *