4 Jenis Bisnis Sampingan yang Bisa Anda Lakukan Tanpa Mengganggu Jam Kerja Anda Sebagai Karyawan

Masih punya cukup waktu luang di tengah-tengah kesibukan bekerja dan ingin menambah penghasilan? Atau merasa penghasilan bulanan dari pekerjaan yang sekarang masih belum mencukupi kebutuhan sehari-hari? Ingin resign dan mencoba pekerjaan lain yang gajinya lebih besar, tapi sudah terlanjur nyaman dengan pekerjaan yang dijalani. Gampang saja, bisnis sampingan karyawan bisa jadi solusi yang tepat mendapatkan penghasilan tambahan. Manfaatkan hobi atau keterampilan Anda untuk jadi bisnis kecil-kecilan. Ingat, bisnis kecil-kecilan, dalam artian sebisa mungkin jangan mengganggu jam kerja Anda, seperti yang ada di bawah ini:

  1. bisnis sampinganJual makanan ringan atau buka katering

    Untuk yang satu ini biasanya lebih sering didominasi oleh karyawati, meskipun tak menutup kemungkinan, banyak karyawan yang berhobi serupa. Bagi yang memiliki hobi memasak dan merasa percaya diri dengan hasil masakan sendiri, mengapa tidak menjajal peruntungannya untuk berbisnis di bidang ini. Bangun lebih pagi lalu buatlah beberapa jenis makanan ringan yang mengenyangkan, misalkan risoles, kroket, arem-arem, donat atau bahkan kue bolu lalu jual ke teman-teman di kantor. Atau Anda bisa mencoba buka katering kecil-kecilan di rumah pada hari Sabtu & Minggu, saat Anda sedang libur.

  2. Beternak hewan peliharaan

    Biasanya yang sering memelihara binatang yang bisa menjadi komoditi jual adalah para pria/karyawan. Seperti ayam, burung, ikan, kelinci dan masih banyak lagi. Daripada hanya menghabiskan uang untuk merawat piaraan, cobalah untuk mulai memanfaatkannya sebagai ladang bisnis misal dengan beternak hewan piaraan lalu menjualnya. Sebagai contoh beternak kelinci atau ikan hias yang harganya cukup mahal. Tak hanya menyalurkan hobi Anda, namun Anda juga bisa menghasilkan uang dari hal tersebut.

  3. Desainer grafis

    Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam hal desain grafis, tapi kerja di divisi lain yang berbeda dengan keahlian Anda, manfaatkanlah sebagai bisnis sampingan karyawan sekaligus mengasah kembali kemampuan Anda dalam mengolah gambar dengan Photoshop. Anda bisa membuka jasa desain grafis secara independen ataupun coba apply di beberapa agency atau perusahaan startup yang memang sedang merekrut desainer grafis freelance. Lumayan, daripada skill jadi melempem, lebih baik jadikan sumber pundi-pundi uang.

  4. Jadi penerjemah

    Sama halnya dengan jadi desainer grafis, menjadi penerjemah atau translator ini juga sebenarnya tidak membutuhkan modal banyak, paling hanya waktu luang saja. Jika Anda ahli dalam bahasa asing, seringnya yang dibutuhkan adalah penerjemah Bahasa Inggris, Anda bisa mencoba buka jasa penerjemah secara independen. Yang biasanya membutuhkan jasa penerjemah adalah mahasiswa. Hasilnya juga sebenarnya cukup lumayan, karena rata-rata jasa terjemahan bisa mencapai 30-50 ribu satu lembarnya, tergantung bahasa yang dipakai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *