4 Inspirasi Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Merintis usaha sendiri baik sebagai penghasilan utama maupun sebagai usaha sampingan memang sering jadi impian bagi banyak orang, tak terkecuali para ibu rumah tangga. Meski tidak jarang ibu rumah tangga yang lebih memilih jadi wanita karier seperti jadi karyawan, namun tak sedikit pula dari mereka yang memilih menjalankan usaha sendiri agar tetap dapat fokus terhadap pekerjaan utamanya sebagai ibu rumah tangga, tidak mengabaikan keluarganya. Bahkan bagi beberapa wanita yang menjadi single parent, punya usaha sendiri seperti bisnis rumahan memang terkadang lebih menguntungkan. Apa saja bisnisnya? Ini dia:

  1. bisnis rumahanUsaha kuliner

    Bisa dibilang, usaha kuliner ini persaingannya cukup ketat. Namun ini bukan berarti bahwa bisnis ini sudah tidak lagi menjanjikan lagi. Justru jika Anda jeli melihat peluang, maka pintu kesuksesan dalam merintis usaha di bidang ini bisa akan semakin lebar. Terlebih lagi untuk usaha ini, tidak selalu membutuhkan modal besar. Anda bahkan bisa sekaligus belajar untuk berwirausaha. Beberapa contoh usaha rumahan di bidang kuliner antara lain: produksi roti atau kue rumahan, katering kecil-kecilan maupun membuka kedai makan.

  2. Laundry rumahan

    Laundry saat ini masih menjadi salah satu jasa yang amat dibutuhkan orang terutama di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang waktunya cukup tersita untuk kesibukan lainnya di luar rumah sehingga tidak banyak waktu luang di rumah atau kost untuk mencuci dan menyetrika baju. Belum lagi beberapa orang yang indekos tidak memiliki tempat untuk mencuci dan menjemur baju sehingga mau tak mau harus laundry. Oleh karena itu, bagi yang bertempat tinggal di wilayah yang banyak kost atau kontrakannya, maka laundry bisa jadi bisnis yang tepat untuk Anda.

  3. Rental playstation

    Playstation (PS) merupakan game konsol yang tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, melainkan juga remaja hingga orang dewasa. Sama halnya seperti game center di warnet, rental PS nyaris tidak pernah sepi terutama setelah jam-jam pulang sekolah, hari Minggu dan hari libur lainnya. Membuka rental PS masih cukup potensial dijadikan usaha rumahan selama Anda punya lahan untuk membuka kiosnya. Saat ini, PS sudah mencapai seri ke-4 nya.

  4. Jadi reseller atau dropshipper

    Di antara sekian banyak bisnis rumahan, menjadi reseller maupun dropshipper adalah yang paling digemari para wanita, termasuk ibu rumah tangga. Hal ini wajar mengingat modal yang dibutuhkan tidak begitu besar dan Anda pun dapat melakukannya saat waktu senggang ada. Menjadi reseller atau dropshipper hanya membutuhkan gadget seperti smartphone atau laptop dan juga koneksi internet yang lancar. Setelahnya Anda hanya tinggal mendaftarkan diri pada toko online yang open reseller dan dropshipper.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *