4 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Konsistensi Bisnis di Era Digital

Salah satu yang menyebabkan bisnis tidak bisa berkembang adalah karena tidak siap atau salah strategi atau tidak mengantisipasi adanya transisi dari era konvensional dimana penjualan atau bisnis dilakukan dengan cara konvensional ke era digital. Di era digital ini Anda tidak perlu memerlukan tempat untuk berjualan karena Anda bisa langsung berjualan lewat cara digital misalnya dengan menggunakan marketplace. Untuk mempertahankan bisnis di era digital, terdapat 4 hal yang harus tetap Anda perhatikan.

Pertama adalah media sosial. Peran media sosial saat ini tidak bisa diremehkan karena sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Social media tersebut tidak hanya dipergunakan untuk strategi marketing, namun juga sebagai media yang menjembatani antara penjual dan pembeli agar tetap berkomunikasi. Komunikasi antar penjual dan pembeli tersebut bisa mempengaruhi keinginan apakah pembeli tersebut hendak membeli barang yang dijual di tempat tersebut. Media sosial juga digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan produk baru sehingga konsumen tahu, produk mana yang akan segera di launching dan bisa sesegera mungkin dibeli.

Kedua adalah kreativitas. Saat ini, jika hanya mengandalkan mengenai strategi dan barang lama tanpa adanya perubahan akan susah untuk mendapatkan hati konsumen agar bisa dibeli dan dimiliki. Hal tersebut disebabkan persaingan di dunia bisnis semakin susah terutama anak muda saat ini banyak yang berubah menjadi wirausahawan sehingga mau tidak mau Anda harus tetap memiliki kreativitas dan inovasi untuk produk baru yang akan keluarkan. Agar konsumen tetap bisa menjadi pelanggan Anda, Anda bisa memberikan sedikit ciri khusus, selain label, sehingga produk tersebut hanya bisa dibeli atau diperoleh di tempat Anda. Kreativitas bisa juga dipengaruhi oleh selera pasar sehingga mau tidak mau Anda harus tahu apa yang sedang trend saat itu.

Ketiga adalah estetika. Saat ini di era modern setidaknya produk atau tempat yang Anda jadikan bisnis harus memiliki keindahan tersendiri. Hal ini disebabkan karena tempat yang bagus misalnya untuk bisnis tempat makan, bisa diupload ke media sosial dan hal tersebut bisa dijadikan sebagai strategi marketing yang tepat tanpa Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukan iklan. Selain tempat makan, produk lainnya, misalnya baju, juga setidaknya memiliki konten visual yang bisa dijadikan daya tarik agar konsumen mau membeli. Sedangkan jika Anda memiliki web, pastikan design web tersebut terlihat menarik sehingga enak dilihat.

Keempat adalah melek teknologi dan perkembangan jaman. Hal ini disebabkan karena trend berkembang dengan pesat dan teknologi yang digunakan juga berbeda sehingga Anda bisa mempertahankan usaha Anda agar tidak kalah saing dengan saingan Anda. Perkembangan teknologi tersebut bisa saja tool yang dipergunakan, teknik seo, bahasa pemrograman serta fitur lainnya yang bisa digunakan di media sosial ataupun di marketplace.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *