4 Contoh Bisnis Tanpa Modal yang Dilakukan Secara Online

Ketika mendengar kata bisnis, tentu yang terbersit dalam pikiran kita adalah modal yang mana merupakan sebuah hal yang utama dan tentu sangat penting. Padahal faktanya tidak demikian. Sebab ada banyak usaha atau bisnis yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan modal atau hanya dengan sedikit modal saja, dan biasanya bukan berbentuk materi atau uang. Anda pun dapat menjalankan bisnis tanpa modal ini dimana saja dan kapanpun waktunya alias dilakukan secara online. Penasaran apa saja bisnisnya? Ini dia:
bisnis tanpa modal

  1. Pay per Click (PPC)

    Program Pay per Click (PPC) merupakan bisnis online tanpa modal yang bisa Anda ikuti apabila Anda memiliki blog atau situs web yang nantinya akan disebut sebagai publisher. Anda sebagai publisher nantinya akan dibayar oleh pihak penyedia program PPC apabila ada pengunjung/visitor situs web maupun blog Anda meng-klik iklan yang ditampilkan pada blog atau situs Anda. Program Pay per Click (PPC) ini adalah salah satu jenis bisnis online yang cukup potensial dan menjadi favoritnya para pemilik situs web maupun blog (publisher). Salah satu contoh dari bisnis PPC adalah Google Adsense.

  2. Bisnis Paid to Survey (PTS)

    Program bisnis ini mengharuskan Anda untuk mengisi survey atau angket yang diselenggarakan oleh pihak penyedia atau pelaksana program ini. Biasanya mereka akan bekerja sama dengan lembaga survey atau perusahaan-perusahaan tertentu yang memerlukan jasa pengisian survey untuk berbagai keperluan seperti meningkatkan kualitas produk atau pelayanan, akan membuat produk baru, angket konsumen dan lain sebagainya. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjawab survey-survey tersebut, hanya dengan gadget dan koneksi internet saja, semakin sering Anda mengisi survey maka upah Anda akan semakin besar.

  3. Jual jasa/keahlian

    Jika Anda memiliki keahlian/keterampilan dalam bidang-bidang tertentu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bisnis yang potensial di dunia maya. Anda bisa saja menawarkan jasa seperti misalkan pembuatan desain grafis atau desain yang lainnya, web designing, web developer, jasa peningkatan SEO, jasa marketing online, affiliate marketing dan masih banyak lagi. Namun untuk dapat menjalankan bisnis ini, Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu senggang karena setiap job yang akan Anda ambil membutuhkan waktu lama untuk proses pengerjaannya.

  4. Menjadi dropshipper

    Drop shipping adalah suatu teknik penjualan dimana tugas Anda hanyalah untuk menawarkan dan menjualkan produk dari toko online. Anda memiliki tugas untuk menerima, mencatat kemudian meneruskan order dari buyer kepada olshop tersebut. Anda pun tidak harus membeli atau menyetok barang yang akan ditawarkan seperti seorang reseller, atau dengan kata lain ini dropshipper merupakan alternatif lain bisnis tanpa modal yang dilakukan secara online atau via gadget.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *